Seleksi Mandiri Program Profesi Konselor Tahun 2017

 

A. INFORMASI UMUM

Peningkatan kualitas kompetensi pendidik secara nasional terus dilancarkan. Upaya tersebut dilaksanakan melalui program sertifikasi maupun pendidikan profesi.
Sejalan dengan upaya tersebut, sejak tahun akademik 2008/2009 Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK). Upaya tersebut dilaksanakan sebagai wujud partisipasi dan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas kompetensi pendidik khususnya konselor.
Secara yuridis pembukaan PPK Jurusan BK FIP Unnes didasarkan pada:

  1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya tentang posisi konselor sebagai pendidik dan tentang pendidikan profesi.
  2. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, khususnya tentang perlunya pendidikan profesi bagi pekerjaan/kegiatan profesional.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya tentang sertifikat profesi bagi guru dan persyaratan program profesi bagi pendidik di perguruan tinggi.
  4. Dasar Standarisasi Profesi Konseling (Dikti, 2004)
  5. Surat Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 0621/D2.2/2007 tanggal 28 Maret 2007 tentang Pertimbangan untuk Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Konselor pada Universitas Negeri Semarang.
  6. Surat Keputusan Mendiknas Nomor 173/E/O/2011 tentang Izin Operasional Pendidikan Profesi Konselor di Universitas Negeri Semarang.

Program PPK mendidik calon Konselor profesional yang berkewenangan dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di berbagai setting, yaitu sekolah (termasuk perguruan tinggi), keluarga, instansi pemerintah dan swasta, dunia usaha dan industri, serta lembaga atau organisasi sosial kemasyarakatan, baik formal maupun non formal.

Secara khusus program PPK bertujuan memberikan kesempatan kepada para Sarjana BK untuk:

  1. Memperoleh pengalaman praktik tersupervisi setara dengan standar profesi konseling, yaitu 600 jam nyata.
  2. Memperoleh gelar profesi Konselor.

Mendapatkan persyaratan dasar untuk membuka praktik pribadi (privat).
Pelayanan Bimbingan dan Konseling di tengah-tengah masyarakat.
 

B. KELENGKAPAN AKADEMIK

1. Kurikulum

Kurikulum Program PPK berbobot 36 SKS yang meliputi mata kuliah berikut:

No. Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot SKS Smt
1. PK 01 Program dan Praktik Konseling Perorangan 6 1
2. PK 02 Program dan Praktik

Bimbingan dan Konseling Kelompok

6 1
3. PK 03 Program dan Praktik Instrumentasi dalam Konseling 4 1
4. PK 04 Program dan Praktik Konseling Karir 4 1
5. PK 05 Program dan Praktik Konseling Perkawinan dan Keluarga 4 2
6. PK 06 Program dan Praktik Konseling Krisis 4 2
7. PK 07 Program dan Praktik Konseling Lintas Budaya 4 2
8. PK 08 Permasalahan dan Kode Etik Profesi Konseling 4 2
Jumlah 36  

2. Dosen
a. Dosen Tetap

  1. Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons.
  2. Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons.
  3. Drs. Heru Mugiarso, M.Pd., Kons.
  4. Drs. Suharso, M.Pd., Kons.
  5. Drs. Eko Nusantoro, M.Pd., Kons.
  6. Kusnarto Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Kons.
  7. Dra. Sinta Saraswati, M.Pd., Kons.
  8. Dra. M.Th. Sri Hartati, M.Pd.
  9. Dr. Awalya, M.Pd., Kons.
  10. 10) Afryadi Sofyan, S.Pd.I., M.Pd., Kons.

b. Dosen Luar Biasa

  1. Prof. Dr. Prayitno, M.Sc., Ed. (Universitas Negeri Padang)
  2. Prof. Dr. Lobby Lukmono (UKSW Salatiga)

3. Laboratorium
Laboratorium Jurusan BK FIP Unnes menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung penyelenggara dan praktik Pelayanan Bimbingan dan Konseling yang dilengkapi dengan multi media yang meliputi:

  1. ruang konseling perorangan
  2. ruang bimbingan dan konseling kelompok
  3. ruang instrumentasi
  4. ruang observasi

 

C. WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dimulai tanggal 8 s.d. 31 Juli 2017 pukul 23.59 dengan sistem online. Pembayaran biaya pendaftaran sampai dengan tanggal 2 Agustus 2017. Calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran melalui situs Seleksi Mandiri UNNES http://daftar.unnes.ac.id
 

D. PERSYARATAN PESERTA

Berijazah minimal Sarjana (S1) Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

E. PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Menyiapkan file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG, dengan ukuran maksimum 1000 KB.
  2. Membuka situs http://daftar.unnes.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran online.
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN).
  4. Mencatat Username, Password dan PIN Pembayaran.
  5. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000,-. Pembayaran dapat dilakukan di BNI seluruh Indonesia dengan cara menujukkan PIN dan dibayarkan secara langsung melalui teller.
  6. Membuka situs http://daftar.unnes.ac.id untuk mencetak kartu tes dengan mengunggah (upload) file pas foto pada formulir yang telah tersedia.
  7. Mencetak Kartu Tes yang diakses dari situs Seleksi Mandiri secepat-cepatnya 1 hari setelah pembayaran atau selambat-lambatnya 2 hari sebelum Ujian. Kartu tes dicetak rangkap dua: (1) untuk peserta; dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat tes.

 

F. PELAKSANAAN TES

Peserta wajib mengikuti tes yang terdiri atas Komponen IPK S1, Tes Potensi Akademik, dan wawancara, bertempat di Gedung A2 Fakultas Ilmu Pendidikan pada tanggal 3 Agustus 2017 pukul 08.00 WIB sampai selesai, dengan menyerahkan berkas pendaftaran dalam map warna hijau, yang terdiri dari:

  1. kartu tes Seleksi Mandiri 2017;
  2. bukti setor biaya pendaftaran;
  3. fotokopi ijazah S1 yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
  4. fotokopi indentitas diri.

 

G. HASIL SELEKSI

Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 7 Agustus 2017 secara online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id.
 

H. VERIFIKASI REGISTRASI/LAPOR DIRI

  1. Peserta yang telah dinyatakan diterima diwajibkan melakukan pembayaran biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), Sarana Pendidikan, Iuran Kemahasiswaan, dan Jas Almamater sebesar Rp 6.000.000,00 serta Sumbangan Pengembangan Lembaga (SPL) sebesar Rp 2.500.000,00 (dibayarkan satu kali selama menjadi mahasiswa di semester I) pada tanggal 8 Agustus s.d. 10 Agustus 2017
  2. Selanjutnya melakukan registrasi online melalui situs web: http://datapokok.unnes.ac.id dan mencetak formulir registrasi dan Surat Pernyataan ditempeli Meterai Rp6.000,00
  3. Peserta melakukan verifikasi registrasi/lapor diri pada tanggal 11 Agustus 2017 di Auditorium Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB.
  4. Peserta yang tidak hadir pada kegiatan Verifikasi Registrasi/Lapor Diri sesuai dengan jadwal, dianggap mengundurkan diri.

 

I. LAIN-LAIN

  1. Perubahan jadwal dan ketentuan lain akan diumumkan melalui situs Seleksi Mandiri http://daftar.unnes.ac.id
  2. Program Pengenalan Akademik (PPA) dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus s.d. 23 Agustus 2017 di tingkat fakultas.
  3. Kuliah semester gasal 2017/2018 dimulai pada tanggal 28 Agustus 2017.
  4. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  5. Informasi lebih lanjut dapat disampaikan melalui telepon atau E-mail ke alamat: BAKK UNNES Gedung H (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Telepon (024) 8508084, 8508092 (hunting psw. 25) Faks (024) 8508084
    Website: http://daftar.unnes.ac.id, E-mail: sekretariatpmb@unnes.ac.id dan sm@mail.unnes.ac.id

 

Daftar Sekarang!

Diperbarui oleh: Rochsid Tri HP | Senin, 10 Juli 2017 14:36 WIB 1.539 views