Kehidupan Kampus

Kamu pasti pengin kuliah di kampus yang nyaman kan? Kampus yang nyaman bakal bikin kamu lebih konsentrasi belajar. Kampus yang nyaman juga bisa bikin kamu betah lama-lama ngobrol sama dosen atau teman.
Suasana kampus seperti itu bisa kamu temukan di Kampus Unnes Sekaran. Dikembangkan dengan konsep green campus, kampus ini rimbun dan sejuk. Lantaran kampus ini terletak di kawasan atas, kampus ini juga tidak akan terkena banjir.

 

Tempat Tinggal

Ada beberapa alternatif tempat tinggal selama kuliah di Unnes. Kamu bisa tinggal di kos atau asrama.

Kalau kamu pilih tinggal di kos ada beberapa pilihan sesuai fasilitas dan harga sewa. Di Sekaran masih ada kos yang harganya Rp1,5 juta per tahun lho. Murah kan?

Tapi kalau anggaran kosmu cukup besar, ada juga kos eksklusif dengan harga Rp5 juta sampai Rp7 juta per tahun.

Nah, bagi mahasiswa tidak mampu universitas menyediakan asrama mahasiswa. Ada tiga lokasi asrama, yaitu di Sekaran (khusus putra), Kalisegoro (khusus putri), dan Ngaliyan (putra dan putrid). Biaya sewa yang perlu dibayar Cuma Rp150 ribu per bulan.

Selain mendapat lingkungan belajar yang asyik, di asrama tersedia berbagai program pelatihan. Ada pelatihan bahasa Inggris, kepemimpinan, sampai masak dan nari. Sesekali pengelola juga membuat outbond agar penghuni bisa akrab satu sama lain.

Pakaian

Salah satu hal yang membuat kuliah terasa asyik adalah keleluasaan milih pakaian. Mahasiswa diberi kebebasan memilih pakaian sessuai kebutuhan dan selera.

Kalau kamu berjiwa sporty, boleh kok kuliah pakai kaos. Kalau kamu casual, boleh pakai hem. Lebih bagus lagi kalau mau suka bergaya formal. Pakailah celana dan kemeja rapi.

Tapi semua pilihan itu harus tetap sesuai etika. Untuk aktivitas di kampus, kamu harus pakai sepatu. Jangan pakai sandal, apalagi sandal japit. Kamu juga nggak boleh pakai kaos oblong.

Sarana Transportasi

Ada berbagai moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau kampus Unnes Sekaran. Kalau kamu dari luar kota menempuh perjalanan udara, kampus Unnes hanya 15 menit dari Banda Internasional Ahmad Yani. Dari bandara kamu bisa naik taksi atau angkot.
Kalau naik kereta, kamu bisa turun di Stasiun Poncol atau Stasiun Tawang. Dari stasiun, pilihlah angkutan menuju Sampangan. Nah, dari Sampangan kamu tinggal naik angkot lanjutan menuju kampus Unnes.
Kalau kamu naik bis, kamu bisa turun di Terminal Terboyo atau Mangkang. Dari terminal kamu bisa gunakan Bus Rapid Trans (BRT) menuju kota. Nah, dari sini kamu bisa lanjutkan dengan angkot.
Tapi, kalau kamu dari arah selatan (Ungaran), sebaiknya kamu turun di terminal Sisemut (Ungaran). Dari situ kamu tinggal naik angkot sekali. Kamu juga bisa turun di Srondol (Banyumanik). Dari sana kamu naik angkot jurusan Jatingaleh dan Sekaran.

Sarana Ibadah

Sebagian besar mahasiswa Unnes adalah muslim. Di lingkungan kampus tersedia masjid, yaitu Masjid Ulul Albab, musala-musala yang tersebar di berbagai fakultas. Tak jauh dari kampus Kelud tersedia vihara untuk penganut agama Buddha, pura untuk pemeluk Hindu, dan gereja untuk umat kristiani.

Sarana Kesehatan

Untuk melayani mahasiswa dan civitas akademika lain, Unnes sudah menyediakan Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes). Di sini mahasiswa bisa dapetin layanan kesehatan dengan harga terjangkau.

Hanya 50 meter dari kampus, juga ada Puskesmas Sekaran. Jadi kalau kamu keluhan kesehatan yang harus segera ditangani, kamu bisa segera ke sini.

Selain itu, di Sekaran dan Patemon juga ada klinik dan dokter praktik. Klinik dan dokter praktik siap menangani keluhan kesehatan kamu sesegera mungkin.

Wi-Fi Gratis

Jaringan internet di Universitas Negeri Semarang menggunakan bandwidth sebesar 1,6 GB didukung dengan koneksi serat optik antar fakultas. Untuk memberikan kenyamanan kepada mahasiswa mengakses internet telah tersebar hotspot di seluruh wilayah kampus yang dapat digunakan secara gratis.

Fasilitas Olahraga

Di Universitas Negeri Semarang tedapat gedung olahraga Prof. Soegijono didalamnya terdapat lapangan bulutangkis, lapangan sepak takraw, lapangan bola voli indoor, lapangan basket Indoor, peralatan senam, lapangan bela diri. Jika kamu ingin olahraga outdoor juga terdapat lintasan sintetis atletik, lapangan sepakbola, mini golf dan driving range, lapangan softball/baseball dan hoki, lapangan tenis, lapangan voli pantai, lapangan basket, lapangan bola voli outdoor, dan kolam renang. Satu lagi jika ingin jogging santai juga terdapat jogging track dengan panjang mencapai 4 Km mengitari kampus Unnes yang sejuk.

Belanja dan Hiburan

Nggak perlu bingung kalau mau belanja. Di Sekaran sekarang sudah banyak toko dan minimarket yang menyediakan hampir seluruh kebutuhan mahasiswa. Baik keperluan kuliah maupun keperluan hidup bisa kamu dapatkan di sini.
Di Sekaran juga banyak kafe yang cocok untuk nongkrong. Pengelola kafe menyediakan aneka menu makanan dan minuman. Mau cari kopi ada, cari coklat ada, cari susu juga ada.
Kalau mau cari hiburan, kamu bisa mendapatkannya di Sampangan dan pusat kota. Di sana ada tiga bioskop yang menayangkan film-film terbaru kesukaan kamu.

Daftar UKM

Berikut adalah daftar Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Semarang.

NOLK/UKMNOLK/UKMNOLK/UKM
1MPM KM21UKKK41SEPAK TAKRAW
2DPM KM22KOPMA42SEPAK BOLA
3BEM KM23PRAMUKA43TENIS LAPANGAN
4PENELITIAN24MENWA 90244KARATE
5EDS25KSR PMI45DAYUNG
6TARI KLASIK26SAR46GULAT
7TARI KREASI27MAHAPALA47SOFT BALL
8KETOPRAK28RIPTEK48HOCKEY
9PANEMBRAMA29REM FM49CATUR
10KARAWITAN30BOGA50TENIS MEJA
11DESAIN31BUSANA51KEMPO
12CAKRA32PENCAK SILAT52FUTSAL
13TEATER SS33TAE KWON DO53BP2M
14PADUAN SUARA34ATLETIK54GERHANA
15BAND35ANGGAR55BAKTI SOSIAL
16MARCHING BAND36RENANG56FIAT JUSTICIA
17REBANA MODERN37SENAM57USeCC
18CAMPUR SARI38BULU TANGKIS58CLIC Fotografi
19UKKI39BOLA VOLI59UKM Woodball
20UKK40BOLA BASKET 

Tertarik Ingin Kuliah di UNNES ?