Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK) Tahun 2023

A. INFORMASI UMUM

Peningkatan kualitas kompetensi pendidik secara nasional terus dilancarkan. Upaya tersebut dilaksanakan melalui program sertifikasi maupun pendidikan profesi. Sejalan dengan upaya tersebut, sejak tahun akademik 2008/2009 Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK). Upaya tersebut dilaksanakan sebagai wujud partisipasi dan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas kompetensi pendidik khususnya konselor.

Secara yuridis pembukaan PPK Jurusan BK FIP Unnes didasarkan pada:

  1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya tentang posisi konselor sebagai pendidik dan tentang pendidikan profesi;
  2. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, khususnya tentang perlunya pendidikan profesi bagi pekerjaan/kegiatan profesional;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya tentang sertifikat profesi bagi guru dan persyaratan program profesi bagi pendidik di perguruan tinggi;
  4. Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor;
  6. Surat Keputusan Mendiknas Nomor 173/E/O/2011 tentang Izin Operasional Pendidikan Profesi Konselor di Universitas Negeri Semarang.
  7. Surat Keputusan Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek Nomor 160/E/KPT/2021 tentang Persyaratan dan Prosedur Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Konselor pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan;
  8. Surat Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 0621/D2.2/2007 tanggal 28 Maret 2007 tentang Pertimbangan untuk Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Konselor pada Universitas Negeri Semarang;
  9. Dasar Standarisasi Profesi Konseling (Dikti, 2004)

Program PPK mendidik calon Konselor profesional yang berkewenangan dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di berbagai setting, yaitu sekolah (termasuk perguruan tinggi), keluarga, instansi pemerintah dan swasta, dunia usaha dan industri, serta lembaga atau organisasi sosial kemasyarakatan, baik formal maupun non formal.

Secara khusus program PPK bertujuan memberikan kesempatan kepada para Sarjana BK untuk:

  1. Memperoleh pengalaman praktik tersupervisi setara dengan standar profesi konseling, yaitu 600 jam nyata.
  2. Memperoleh gelar profesi Konselor.
  3. Mendapatkan persyaratan dasar untuk membuka praktik pribadi (privat).
  4. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di tengah-tengah masyarakat.

B. WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES untuk Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK) yang dilayani onlineĀ  yang dilaksanakan dalam dua tahap: (a) Gelombang I dan (b) Gelombang II, dengan rincian jadwalĀ  sebagai berikut:

No. Kegiatan Gelombang I Gelombang II
1. Waktu Pendaftaran 1 Maret s.d. 28 April 2023 22 Mei s.d. 14 Juli 2023
2. Pembayaran 1 Maret s.d. 3 Mei 2023
22 Mei s.d. 19 Juli 2023
3. Seleksi (tes daring) 10 Mei 2023 20 Juli 2023
4. Pengumuman Hasil Seleksi 25 Mei 2023 28 Juli 2023
5. Registrasi Administrasi (Keuangan) 2 s.d. 13 Juni 2023 1 Juli s.d. 10 Agustus 2023
6. Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2022 Ā 21 Agustus 2023

C. PERSYARATAN PESERTA

  1. Berijazah minimal Sarjana Pendidikan (S.Pd./S.Pd.I) Program Studi Bimbingan dan Konseling
  2. Tidak sedang atau berstatus sebagai mahasiswa sarjana (S1) dan atau magister (S2) serta doktor (S3)
  3. Mendapatkan izin atasan/pimpinan atau pihak/dinas berwenang dari tempat bekerja (bagi pegawai/karyawan)
  4. Sanggup mengikuti perkuliahan sesuai dengan ketentuan prodi yaitu 3 hari efektif (hari rabu sampai jumat)
  5. Sanggup menetap di Kota Semarang atau sekitarnya (tidak lebih dari 1 jam perjalanan ke kampus UNNES) selama masa studi PPK.
  • Catatan: Persyaratan nomor 3, 4, dan 5 dibuktikan dengan dokumen surat izin atau surat pernyataan dan diserahkan ke Prodi PPK setelah dinyatakan diterima/lulus seleksi.

D. TATA CARA PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Peserta tes Program Pendidikan Profesi Konselor diharuskan mengikuti prosedur sebagai berikut:

  1. Menyiapkan file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg.
  2. Menyiapkan file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor);
  3. Membuka laman penerimaan.unnes.ac.id
  4. Mengisi formulir pendaftaran secaraĀ onlineĀ untuk menerima kode pembayaran berupa nomorĀ Virtual AccountĀ (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-PPK UNNES 2023;
  5. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000 di Bank BTN atau BNI dengan menggunakan kode pembayaran nomor Virtual Account (VA). Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, ATM,Ā internet banking, atauĀ Mobile banking.
  6. Calon peserta mengunggah: (1) file hasil pindai (scan) ijazah Sarjana; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400Ɨ600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar);
  7. Mencetak Kartu Tes yang diakses dari situs pendaftaran secepat-cepatnya 1 jam setelah pembayaran atau selambat-lambatnya tanggal 6 Mei 2023 (gelombang I) dan 22 Juli 2023 (Gelombang II). Sebelum mencetak peserta wajib mengunggah (upload) file pas foto yang sudah disiapkan sesuai prosedur poin satu pada formulir yang telah tersedia.

E. PELAKSANAAN TES

PesertaĀ  wajibĀ Ā  mengikutiĀ Ā  tesĀ  yang dilakukan secara daring (online) meliputi seleksi administrasi, tes wawasan BK dan Tes Potensi Akademik pada tanggalĀ  6 MeiĀ  2023 (Gelombang I) dan 22 Juli 2023 (Gelombang II).


F. KETENTUAN LAIN

  1. Mandiri https://penerimaan.unnes.ac.id;
  2. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  3. InformasiĀ  lebihĀ  lanjutĀ  dapatĀ  disampaikanĀ  melaluiĀ  telepon atau E-mail ke PetugasĀ  UnitĀ  Layanan TerpaduĀ  (ULT)Ā  UNNESĀ  GedungĀ  HĀ  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.

Telepon (024) 86008700 ext. 000 Faks (024) 8508091 pada jam kerja

  • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 ā€“ 15.00 WIB
  • Hari Jumat pukul 08.00 ā€“ 14.00 WIBĀ 

Helpdesk: https://ult.unnes.ac.id menu Buat Ticket Baru.


Daftar Sekarang!