Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Sarjana Melalui Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Tahun 2020

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang.  SM-UNNES Jalur Prestasi tahun akademik 2020/2021 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan.

PERSYARATAN UMUM

  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2020 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  3. Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi minimal 1 prestasi tingkat provinsi per tahun.

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:
    1. Juara I, II dan III (memperoleh piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
    2. Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, teknologi, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
    3. Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau HKI lainnya (maksimal 3 orang), pembuat konten kreatif di Instagram minimal 50k follower atau youtube minimal 50k subscriber dengan konten akademik dan prestasi, motivasi, inovasi.
    4. Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui oleh induk organisasi olahraga.
    5. Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal 10 orang), tari (pasangan) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, atau Kementerian lainnya yang relevan.
    6. Juara Olimpiade/lomba bidang studi yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, Kemenag atau kementerian lainnya.
  2. Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag atau Kemdikbud.
  3. Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai g harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.
  • Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik (TPA) dan tes wawancara

WAKTU PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Februari s/d 30 April 2020.
  2. Laman pendaftaran http://penerimaan.unnes.ac.id;

INFORMASI PENDAFTARAN

  1. Petugas Unit Layanan Terpadu (ULT) UNNES Gedung H (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  2. Telepon (024) 8508093 Faks (024) 8508084 (pada jam kerja).
  3. Surel: sm@mail.unnes.ac.id

TATA CARA PENDAFTARAN DAN SELEKSI

  1. Calon peserta mengunggah: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh;
  2. Calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk unggah pas foto diri, unggah surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan unggah bukti prestasi yang dimiliki;
  3. Hasil seleksi administrasi (tahap I) diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 8 Mei 2020;
  4. Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi;
  5. Peserta harus hadir dalam Tes Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Khusus (Wawancara) pada tanggal 16 Mei 2020 dengan membawa bukti dokumen Asli, fotokopi rapor dan fotokopi dokumen sebagaimana yang diminta pada saat pengisian borang pendaftaran;
  6. Hasil seleksi Ujian Tulis dan Tes Khusus Wawancara (tahap II/akhir) diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 20 Mei 2020;
  7. Pemalsuan/kecurangan pengisian borang dan dokumen akan berakibat pembatalan status sebagai peserta SM-UNNES Jalur Prestasi dan implikasi hukum selanjutnya.

PILIHAN PROGRAM STUDI

Peserta dapat memilih maksimum 2 program studi yang diminati.


KETENTUAN HASIL SELEKSI

  1. Peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Nasional berdasarkan penilaian panitia penguji, diterima  sebagai calon mahasiswa baru, dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori I/terendah per semester dan/atau mendapat beasiswa.
  2. Peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, dipertimbangkan untuk diterima sebagai calon mahasiswa baru dengan memperhatikan daya tampung dan hasil tes khusus, dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.
  3. Peserta peraih juara I dalam bidang olah raga, seni, teknologi dan lomba bidang keagamaan tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji,  dipertimbangkan  untuk diterima sebagai calon mahasiswa baru dengan memperhatikan daya tampung dan hasil tes khusus, dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.
  4. Bagi siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau memiliki kemampuan luar biasa berdasarkan penilaian panitia penguji, diterima dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester dan/atau mendapat beasiswa.
  5. Lulus Ujian Tulis Test Potensi Akademik (TPA) dan Test Bahasa Inggris.

KETENTUAN LAIN

  1. Peserta Seleksi Mandiri UNNES Jalur Prestasi yang telah dinyatakan lulus seleksi:
  2. diwajibkan melakukan registrasi administrasi (Pengumuman menyusul)
  3. tidak diperkenankan pindah ke program studi lain.
  4. dinyatakan gugur apabila:
    • tidak lulus SMA/MA/SMK/MAK.
    • tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan; atau
    • terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  5. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id.

INFORMASI BARU

  1. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi (Tahap 1) yang semula dijadwalkan pada tanggal 8 Mei 2020, DITIADAKAN;
  2. Jadwal Tes Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Khusus (Wawancara) yang semula pada tanggal 16 Mei 2020, DITIADAKAN;
  3. Hasil Seleksi Akhir TETAP, dijadwalkan pada tanggal 20 Mei 2020;
  4. Apabila ditemukan indikasi pelanggaran dan memerlukan verifikasi, Tim seleksi akan melakukan wawancara lebih lanjut melalui nomor telepon peserta yang tercatat di sistem pendaftaran.
  5. Sebagai pengganti Tes pada tanggal 16 Mei 2020, seluruh peserta wajib mengunggah video prestasi di laman pendaftaran http://penerimaan.unnes.ac.id pada tanggal 21 April sampai dengan 7 Mei 2020 dengan ketentuan:
  • Format file MP4, ukuran maksimal 10 MB;
  • Kategori prestasi seni, harus menunjukkan wajah peserta saat melakukan gerakan tari, musik atau menyanyi harus ditunjukkan wajah peserta yang bermain musik atau menyanyi, gambar harus menunjukkan wajah pelukis;
  • Kategori prestasi olahraga, video harus menunjukkan wajah dan seluruh badan peserta yang sedang mempraktikkan cabang olahraga;
  • Kategori prestasi keagamaan, 20 juz video, yang video pertama juz 1, video kedua juz 2 dan seterusnya;
  • Kategori prestasi konten kreatif, kategori olimpiade bidang studi dan kategori sains tetap mengunggah bukti sertifikat asli (bukan legalisir).

Login

Diperbarui oleh: M. Subyanto | Selasa, 5 Mei 2020 10:12 WIB 72.624 views