Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK) Tahun 2021

A. INFORMASI UMUM

Peningkatan kualitas kompetensi pendidik secara nasional terus dilancarkan. Upaya tersebut dilaksanakan melalui program sertifikasi maupun pendidikan profesi. Sejalan dengan upaya tersebut, sejak tahun akademik 2008/2009 Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK). Upaya tersebut dilaksanakan sebagai wujud partisipasi dan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas kompetensi pendidik khususnya konselor.

Secara yuridis pembukaan PPK Jurusan BK FIP Unnes didasarkan pada:

  1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya tentang posisi konselor sebagai pendidik dan tentang pendidikan profesi.
  2. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, khususnya tentang perlunya pendidikan profesi bagi pekerjaan/kegiatan profesional.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya tentang sertifikat profesi bagi guru dan persyaratan program profesi bagi pendidik di perguruan tinggi.
  4. Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
  6. Surat Keputusan Mendiknas Nomor 173/E/O/2011 tentang Izin Operasional Pendidikan Profesi Konselor di Universitas Negeri Semarang.
  7. Surat Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 0621/D2.2/2007 tanggal 28 Maret 2007 tentang Pertimbangan untuk Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Konselor pada Universitas Negeri Semarang.
  8. Dasar Standarisasi Profesi Konseling (Dikti, 2004)

Program PPK mendidik calon Konselor profesional yang berkewenangan dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di berbagai setting, yaitu sekolah (termasuk perguruan tinggi), keluarga, instansi pemerintah dan swasta, dunia usaha dan industri, serta lembaga atau organisasi sosial kemasyarakatan, baik formal maupun non formal.

Secara khusus program PPK bertujuan memberikan kesempatan kepada para Sarjana BK untuk:

  1. Memperoleh pengalaman praktik tersupervisi setara dengan standar profesi konseling, yaitu 600 jam nyata.
  2. Memperoleh gelar profesi Konselor.
  3. Mendapatkan persyaratan dasar untuk membuka praktik pribadi (privat).
  4. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di tengah-tengah masyarakat.

B. WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES untuk Program Profesi Konselor (PPK) yang dilayani full online  melalui http://penerimaan.unnes.ac.id yang dilaksanakan dalam dua tahap: (a) Gelombang I dan (b) Gelombang II, dengan rincian jadwal  sebagai berikut:

No. Kegiatan Gelombang I Gelombang II
1. Waktu Pendaftaran 8 Maret s.d. 30 April 2021 10 Mei s.d. 17 Juli 2021
2. Pembayaran 8 Maret s.d. 3 Mei 2021
10 Mei s.d. 19 Juli 2021
3. Seleksi (tes daring) 6 Mei 2021 21 Juli 2021
4. Pengumuman Hasil Seleksi 20 Mei 2021 30 Juli 2021
5. Registrasi Administrasi (Keuangan) 13 Mei s.d. 2 Juni 2021 22 s.d. 30 Juli 2021
6. Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2021 23 Agustus 2021

C. PERSYARATAN PESERTA

Berijazah minimal Sarjana (S1) Program Studi Bimbingan dan Konseling


D. TATA CARA PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Peserta tes Program Pendidikan Profesi Konselor diharuskan mengikuti prosedur sebagai berikut:

  1. Menyiapkan file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg.
  2. Menyiapkan file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor);
  3. Membuka laman http://penerimaan.unnes.ac.id
  4. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN).
  5. Mencetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran.
  6. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,-. Pembayaran dapat dilakukan di BNI seluruh Indonesia dengan cara menunjukkan PIN dan dibayarkan secara langsung melalui teller.
  7. Mencetak Kartu Tes yang diakses dari situs pendaftaran secepat-cepatnya 1 jam setelah pembayaran atau selambat-lambatnya tanggal 3 Mei 2021 (gelombang I) dan 19 Juli 2021 (Gelombang II). Sebelum mencetak peserta wajib mengunggah (upload) file pas foto yang sudah disiapkan sesuai prosedur poin satu pada formulir yang telah tersedia.

E. PELAKSANAAN TES

Peserta  wajib   mengikuti   tes  yang dilakukan secara daring (online) meliputi seleksi administrasi, tes wawasan BK dan Tes Potensi Akademik pada tanggal 6 Mei  2021 (Gelombang I) dan 21 Juli 2021 (Gelombang II). Berkas pendaftaran dikirim ke surel bk@mail.unnes.ac.id dengan subyek berkas pendaftaran PPK yang terdiri dari :

  1. kartu tes Seleksi Mandiri 2021;
  2. bukti setor biaya pendaftaran;
  3. Scan ijazah S1 yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
  4. Scan identitas (KTP)

F.   HASIL SELEKSI

Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 20 Mei 2021 (Gelombang I)  dan 30 Juli 2021 (Gelombang II) secara online  melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id


G. LAIN-LAIN

    1. Perubahan jadwal dan ketentuan lain akan diumumkan melalui situs Seleksi Mandiri http://penerimaan.unnes.ac.id
    2. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
    3. Informasi lebih  lanjut  dapat  disampaikan  melalui  telepon atau E-mail ke alamat: BAKK UNNES Gedung H (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Telepon (024)  8508093 Faks (024) 8508084

Laman: http://penerimaan.unnes.ac.id, Surel: sm@mail.unnes.ac.id


Daftar Sekarang!

Diperbarui oleh: M. Subyanto | Jumat, 5 Maret 2021 7:32 WIB 1.917 views