Registrasi Administratif Calon Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN Tahun 2020

Diumumkan kepada peserta SBMPTN Tahun 2020 yang dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa Universitas Negeri Semarang, untuk melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut:


A. PENGISIAN DATA POKOK DAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

  1. Calon mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri (data pokok) serta mengunggah/upload dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sesuai dengan panduan pengisian. Pengisian data pokok dilakukan secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 16 s.d. 19 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.
  2. Calon mahasiswa wajib mengirimkan borang A1 yang diunduh dari laman http://datapokok.unnes.ac.id, melalui jasa pengiriman dokumen ke alamat yang tertera di dokumen tersebut dengan dokumen pendukung paling lambat tanggal 21 Agustus 2020 (cap pos).
  3. Calon mahasiswa (kecuali Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah) membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester. Besar biaya pendidikan yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan bersamaan dengan pengumuman Mahasiswa Penerima KIP Kuliah pada tanggal 25 Agustus 2020 di laman http://datapokok.unnes.ac.id.

B. TES KESEHATAN

Mengingat adanya Pandemi global COVID-19, maka Tes Kesehatan bagi Calon mahasiswa baru pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut sesuai dengan perkembangan keadaan darurat COVID-19.


C. REGISTRASI DARING DAN VERIFIKASI REGISTRASI

  1. Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 26 s.d. 31 Agustus 2020, melalui Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh dengan cara masuk ke dalam http://datapokok.unnes.ac.id melalui menu Registrasi -> Pembayaran UKT.
  2. Calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 26 Agustus s.d. 1 September 2020 dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.
  3. Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara daring, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai/scan berkas dalam bentuk JPEG/JPG (maksimal 1 MB)yang meliputi:
    1. Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan asli;
    2. Kartu peserta SBMPTN 2020;
    3. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) tahun 2020 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
    4. Surat keterangan kewarganegaraan bagi Warga Negara Asing (WNA).
  4. Mencetak dokumen registrasi daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id yang meliputi:
    1. Formulir Registrasi (R1);
    2. Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3);
    3. Bukti Registrasi;
    4. Khusus bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Penerima KIP Kuliah (R5);
    5. Pengumpulan berkas R1, R2, R3, R4,  dan R5 akan diinformasikan lebih lanjut di laman BAKK (http://baakk.unnes.ac.id).
  5. Kuliah semester gasal 2020/2021 dimulai pada tanggal 7 September 2020.

D. KETENTUAN LAIN

  1. Kegiatan mahasiswa pelaksanaanya akan diatur sesuai dengan ketentuan setelah keadaan darurat COVID-19 dinyatakan selesai oleh pemerintah. Jadwal pelaksanaannya akan diinformasikan lebih lanjut.
  2. Hak sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:
    1. Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
    2. Tidak menyerahkan fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah atau Surat Keterangan Lulus/SKL tahun 2020 (asli);
    3. Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran, pengisian data diri dan registrasi;
    4. Tidak menyelesaikan tahapan registrasi secara daring.
  3. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  4. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk program studi tertentu, dapat dipindahkan ke program studi lain, diatur dalam ketentuan lebih lanjut.
  5. Kelalaian calon mahasiswa dalam membaca dan memahami pengumuman ini yang menyebabkan gugurnya hak sebagai mahasiswa bukan menjadi tanggung jawab panitia.

Panduan Pengisian Data Pokok

Laman Data Pokok

Diperbarui oleh: M. Subyanto | Senin, 17 Agustus 2020 7:52 WIB 62.929 views